Home » » Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+

Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+

Written By Arif Stiawan on April 16, 2013 | 5:48 PM

Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas yang Padat dan mudah dibentuk ada rahasianya, tidak hanya sekedar memasak parutan nenas yang dibeli dipasaran. Dan bahkan cara pemilihan nanas yang cocok untuk dibuat selai atau selei pun perlu diperhatikan agar hasil buatannya nantinya tidak berair dan sulit dibentuk.

Sebelum memberikan rincian cara membuat selai nenas di bawah ini, sedikit saya akan berikan sedikit pengetahuan mengenai asal usul pembuatan dan pengertian selai. Selai / selei atau dalam bahasa Inggris Jam) yaitu salah satu jenis makanan yang terbuat sari buah atau buah-buahan yang telah dilumatkna, diberi gula dan dimasak sampai kental dan menggumpal Selai biasanya tidak dimakan langsung, melainkan diberi di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai juga sering dipakai sebagai isi pada kue-kue seperti kue Nastar.
Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+
selai nanas

Bahan Cara Membuat Selai Nenas/Nanas
  • 125 gram gula pasir kasar
  • 1 buah nenas mengkal yang telah diparut
  • 3 cm kayu manis yang diserut halus
  • 6 butir cengkih atau cengkeh (Jangan terlalu banyak karena baunya keras)
Proses Cara Membuat Selai Nenas/Nanas
  1. Sediakan wajan yang agak lebar agar mudah diaduk dan panaskan terlebih dahulu.
  2. Masukkah parutan nenas dalam wajan tanpa menggunakan minyak dan air sama sekali. Kemudian langsung diaduk-aduk sebentar.
  3. Setelah nenas sudah agak panas, tambahkan gula pasir sesuai takaran di atas bersama dengan kayu manis dan cengkehnya.
  4. Aduk terus adonan selai sampai matang dan tidak berair lagi. Untuk mengetahui selai nanas sudah matang atau belum bisa dilihat beberapa ciri-cirinya, yaitu tidak berair lagi, adonan terlihat menggumpal, dan warna selai agak gelap dari warna saat pertama kali dimasukkan dalam wajan. Selain itu, adonan akan terlihat mudah dibentuk dan tidak terlalu lengket dari wajannya lagi.
  5. Terakhir, tinggal angkat adonan selai nenas dan didinginkan. Agar selai dapat bertahan lama, setelah dingin masukkan dalam toples kecil dan tutup rapat lalu masukkan dalam kulkas. Dengan perlakukan seperti ini, selai dapat bertahan hingga 1 sampai 2 bulan lamanya. Tergantung penggunaan kadar gula pasirnya, karena gula juga merupakan pegawet alami bagi makanan.
Tips Pembuatan Selai
  1. Pilihalah buah nenas yang masih mengkal agar hasil bikinnya nantinya tidak berair dan encer. Demikian pula untuk pembuatan selay pepaya. Karena buah yang mengkal masih sedikit kandungan airnya jadi pada saat dimasak kandungan air dalam buah yang keluar tidak terlalu banyak.
  2. Kupas buah nenas sampai bersih dan buang matanya atau pori kulitnya. Setelah itu taburi dipermukaan buah nanas dengan garam sampai rata yang diratakan dengan menggunakan tangan. Baru kemudian setelah itu dicuci bersih. Cara ini bertujuan agar rasa gatal dari buah nenas bisa hilang.
  3. Untuk hasil selai yang lebih lembut atau lebih kasar sebaiknya sesuaikan dengan parut yang digunakan. Untuk hasil standa seperti biasanya cukup gunakan parutan kelapa saja, tapi untuk hasil yang seperti berserat bisa digunakan parutan yang ada bocoran-bocoran halusnya.
  4. Agar selai nanas nantinya bisa menggumpal maka bisa ditambahkan dengan tepung terigu tanpa dicampur air terlebih dahulu. Caranya dengan menambahkan langsung terigu dalam selai nenas yang sedang dimasak secara tipis-tipis agar tidak ada gumpalan terigu yang tidak tercampur.
  5. Dan agar hasil bikin selai nenas anda bisa dibentuk menggunakan jari maka sebaiknya masak selai agak lama sampai warnanya agak gelap.
Demikianlah cara membuat selai nenas/nanas kali ini. Selalu lakukan berbagai percobaan tambahan-tambahan bahan untuk memperoleh hasil selai yang berbeda. Sebab prospek bisnis selai dalam kemasan saat ini sangat menjanjikan. Cukup urus izin usahanya saja beserta izin dinas kesehatan yang juga disertai nomor barcode agar bisa masuk swalayan dan minimarket. Selain itu penjualan selai nenas bisa menggunakan jasa distributor untuk menjualnya ke seluruh kota di Indonesia. Menjanjikan kan? Tunggu apa lagi?


Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Kue Nastar Keju
  2. Cara Membuat Kue Nastar Nenas/Nanas
  3. Cara Membuat Kue Nastar Lebaran
  4. Cara Membuat Selai Nenas/Nanas
  5. Cara Membuat Cake Sederhana n Lembut
  6. Cara Membuat Kue Cake Coklat
  7. Cara Membuat Cake Keju
  8. Cara Membuat Cake Ulang Tahun
  9. Cara  Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) 
  10. Cara Membuat Rainbow Cake (Kue Pelangi) 
Gimana Artikel Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+ ini, mantab kan? Sobat boleh menyebarkannya jika artikel Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+ ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Cara Membuat Selai Nenas atau Nanas+ sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Join Me On: Facebook :: Arif Stiawan ::

Share this article :
 
Support : www.ariefboy.com
Copyright © 2013. Arif Setiawan | AriefBoy.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger