Home » » Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD

Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD

Written By Arif Stiawan on October 18, 2012 | 6:46 AM

Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD tidak sulit karna hanya dengan modal desain, pipa besi dan plat sudah bisa jadi. Tapi agar Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD mirip layaknya knalpot bermerek, maka ada cara-cara yang harus diperhatikan, mulai dari pemilihan bahan knalpot, desain knalpot seperti Knalpot R9, AHRS, CLD, penggunaan alat untuk me-las knalpot, tahap dan cara pembuatan knalpot dan lain sebagainya yang bisa membuat knalpot anda terlihat seperti asli dengan harga yang murah.

Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD
    Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD
  1. Bahan dalam cara membuat knalpot : Knalpot R9, AHRS, CLD. Bagi merek pembuat knalpot umumnya menggunakan pipa besar yang berbahan stainless, seperti halnya Kawahara menggunakan pipa stainless yang didatangkan langsung dari Thailand. Dan kalau mau meengikuti trend saat ini kamu bisa menggunakan yang berbahan titanium, tapi harganya lebih mahal. Selain pipa, plat juga dibutuhkan untuk desain bagian luar knalpotnya agar bisa dimodel sesuai dengan keinginan. Dan diantara bahan plat yang sering digunakan dalam cara membuat knalpot adalah stanless steel, aluminium, plat galvanis, titanium, carbon. Kalau saya pribadi mnyarankan memilih plat galvanis karna harganya lebih terjangakau, selain itu lebih kuat dan lentur.
  2. Alat dalam cara membuat knalpot : Knalpot R9, AHRS, CLD. Alat yang paling utama dalam pembuatan knalpot adalah dengan menggunakan las. Alat Las sendiri untuk yang knalpot murahan menggunakan las karbit, tapi katanya las karbit cepat bocor dan tidak tahan getaran. Untuk yang sedikit lebih kuat bisa menggunakan las kuningan. Tapi bagi produsen knalpot racing seperti Ahau menggunakan Las Auto Line Welding Stand yang prosesnya menggunakan gas CO, tapi jangan ditanya soal harganya karna anda harus merogoh kocek hingga kurang lebih Empat Ratus juta untuk membelinya. Atau yang tebaru sekarang dalam cara membuat knalpot sudah menggunakan laser yang harganya juga sekitar Empat Ratus Jutaan. Dan khusus mengenai cara membentuk Silincer knalpot (ujung pelepasan gas buang) berbentuk kotak atau oval bisa saja dengan bantuan palu yang dipukul terus-menerus pada cetakan hingga terbentuk sesuai yang diinginkan. Tapi bila punya modal besar bisa membeli alat pencetak silincer knalpot yang mahal. Tapi karna umumnya silincer knalpot yang baik dengan menggunakan aluminium, untuk itu saya sarankan menggunakan bahan ini saja karena anti karat dan ringan.
  3. Proses pembuatan dalam cara membuat knalpot racing : Knalpot R9, AHRS, CLD. Untuk proses buat atau cara bikin knalpot racing sebaiknya langsung menonton video pembuatannya saja (copy paste link ini di browsermu) :
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=FZ8CGGYamuE
(copy paste link di atas di firefox atau mozilla)

Sebenarnya sangat banyak yang harus dijelaskan soal cara membuat knalpot, untuk itu saya mau menambahkan sedikit kelemahan dan kelebihan dari masing masing bahan dalam pembuatan knalpot :
  1. Cara pembuatan knalpot dengan bahan Stainles steel. Dari segi harga stanless steel sedikit lebih mahal dari pada bahan dari plat galvanis. Akan tetapi, dari segi keunggulan bahannya dalam cara membuat knalpot ini adalah lebih ringan dan tahan dari karat. Selaian itu, knalpot dengan menggunakan stainless steel lebih bersih karena sisa pembakaran tidak mudah menempel pada dinding knalpot yang disebabkan oleh bahannya yang tidak mengandung daya tarik-menarik logam.
  2. Cara pembuatan knalpot dengan bahan galvanis. Dari segi harga bahan knalpot yang satu ini lebih murah. Jadi bila anda belajar cara membuat knalpot R9, AHRS atau CLD tapi dananya kurang maka saya sarankan pilih bahan ini. Kelebihannya sih katanya lebih lentur. Hanya saja bahan knalpot ini mudah karatan dibandingkan dengan membuat knalpot menggunakan bahan stainless steel.
  3. Cara pembuatan knalpot dengan bahan aluminium. Bahan ini khusus untuk silincer saja. Soal harga sih masih lebih murah dari bahan stainless steel, selain itu juga anti karat dan ringan. Hanya saja untuk knalpot dengan menggunakan bahan ini harus lebih hati hati karena gambap penyok bila terbentur.
  4. Cara pembuatan knalpot dengan bahan carbon. Ini juga hanya digunakan untuk bagian silincer knalpot. Soal harga lebih mahal dari bahan aluminium dan stainless steel. Tapi soal performa diakui lebih baik karna tidak mudah mengalami pemuaian pada bahnnya dikarenakan lebih tahan panas dibanding bahan knalpot lainnya.
  5. Cara pembuatan knalpot dengan bahan titanium. Inilah bahan knalpot dengan kualitas paling baik dari semua bahan knalpot diatas karena performa, kekuatan, keawetan, dan beratnya lebih baik dari keempat bahan di atas. Tapi soal harga jauh lebih mahal dari carbon. Biasanya hasil las dari bahan ini berwarna kebiru-biruan mengkilap.
Sepertinya saya sudah menjelaskan secara detail Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD di atas, untuk itu kalau ada yang masih kurang jelas jangan lupa berkomentar saja biar ada revisi dari artikel Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD ini .

Baca juga :
  1. Cara Membuat Knalpot Bersuara Halus  
  2. Cara Membuat Knalpot Racing R9
  3. Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek 
  4. Cara Membuat Knalpot Murah Bebas Ribut
Atau 
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap
  6. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Batako
  7. Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna 
  8. Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit
  9. Cara Membuat Buku Best Seller No. 1
  10. Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit? 
  11. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlnegkap
  12. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  13. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  14. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com
Gimana Artikel Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD ini, mantab kan? Sobat boleh menyebarkannya jika artikel Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Cara Membuat Knalpot Racing : Knalpot R9, AHRS, CLD sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Join Me On: Facebook :: Arif Stiawan ::

Share this article :
 
Support : www.ariefboy.com
Copyright © 2013. Arif Setiawan | AriefBoy.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger