Home » , » Membuat Sitemap pada Wordpress

Membuat Sitemap pada Wordpress

Written By Arif Stiawan on March 5, 2011 | 12:08 AM

Selain melakukan setting permalink, satu lagi tips SEO yang berguna agar blog cepat dan lebih mudah di index oleh Search Engine seperti Google adalah dengan membuat google sitemap. Sitemap pada blog memudahkan robot search engine msilanya Googlebot melakukan index terhadap isi blog. Sitemap blog ini adalah sebuah file dalam format XML

Untuk membuat sitemap blog wordpress untuk search engine, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sebuah plugins. Plugins yang berguna untuk membuat sitemap untuk Search engine banyak sekali tersedia. Salah satunya yang paling sering dipakai dan yang akan saya pakai pada tutorial cara membuat sitemap pada blog blog wordpress ini adalah Google XML Sitemaps. Cara pembuatan sitemap dengan plugins Google XML sitemaps adalah sebagia berikut:
  1. Pada dashboard blog Anda klik menu Plugins » Add New.
  2. Di jendela Add New plugins, ketik “Google XML Sitemaps” (tanpa tanda kutip) pada kotak input search dan klik Search Plugins.


  3. Pada halaman hasil search plugins, klik install di sebelah kanan tulisan Google XML Sitemaps.


  4. Di jendela yang muncul klik sekali lagi tulisan Install Now yang berada di sebelah kanan atas jendela. Kemudian proses instalasi plugin Google XML Sitemaps akan dimulai.


  5. Setelah proses instalasi plugin selesai, klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin Google XML Sitemaps.


Proses instalasi plugin Google XML Sitemaps telah selesai. Kini Anda perlu untuk melakukan beberapa langkah lagi untuk membuat sitemap untuk blog wordpress Anda karena dengan hanya menginstall plugins ini, sitemap Anda belum terbuat. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Masih pada dashboard Anda, klik menu Setting » XML Sitemap.
  2. Pada halaman setting XML Sitemap, klik tulisan Click here pada bagian atas halaman. Kemudian sitemap akan dibuat seara otomatis


Tutorial cara membuat sitemap untuk search engine blog Wordpress Anda sudah selesai. Untuk selanjutnya, setiap Anda memposting artikel baru, sitemap akan diupdate secara otomatis. Setelah sitemap siap, selanjutnya Anda mesti mensubmit (mendaftarkan) sitemap ini ke search engine. Sitemap ini juga bisa digunakan pada search engine selain google seperti Yahoo atau Bing. Cara mendaftrakan sitemap ke Google Webmaster Tools, Yahoo dan Bing akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 

Semoga bermanfaat
Gimana Artikel Membuat Sitemap pada Wordpress ini, mantab kan? Sobat boleh menyebarkannya jika artikel Membuat Sitemap pada Wordpress ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Membuat Sitemap pada Wordpress sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Join Me On: Facebook :: Arif Stiawan ::

Share this article :
 
Support : www.ariefboy.com
Copyright © 2013. Arif Setiawan | AriefBoy.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger