Home » » Membuat Bingkai Tulisan di Blog

Membuat Bingkai Tulisan di Blog

Written By Arif Stiawan on January 17, 2011 | 9:24 PM

Selamat siang temen-temen blogger semua, ketemu lagi dengan saya pada tutorial blog. Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana memperindah blog kita dengan membuat shadow efek pada gambar, dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat bingkai pada tulisan di blog agar kelihatan lebih menarik. Tentunya temen-temen sudah tidak sabar lagi, oke kita langsung saja pada permasalahannya.

Ada tiga jenis kotak yang biasa dipakai untuk membingkai sebuah tulisan, yaitu: border, overflow (biasanya disebut kotak scroll), dan textarea. Tentu saja ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, untuk mengetahui itu semua, berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai bingkai tersebut.

Border


Seperti namanya, border berarti bingkai yang membatasi tulisan yang berada di dalamnya. Dan untuk membuatnya kamu tinggal mengkopi script berikut:
<div style="border: 1px solid #CCC; margin: 10px 0px; padding: 10px; width: auto; height: auto; background-color:#EFEFEF; text-align: center;">Tulisan temen-temen yang akan ditampilkan disini</div>
Tulisan temen-temen yang akan ditampilkan disini
Keterangan:
  • Border: 1px solid #CCC, berarti ketebalan garis (border) adalah 1px dengan warna abu-abu (mengenai kode warna dapat dilihat disini).
  • Margin: 10px 0px, berarti margin atas-bawah 10 px dan margin kiri-kanan 0 px.
  • Padding: 10px, berarti jarak tulisan ke border adalah 10px.
  • Perintah auto pada width dan height supaya lebarnya mengikuti lebar kolom yang tersedia, sedangkan tingginya mengikuti isi (tulisan) yang dimasukkan kedalamnya. Kamu bisa merubah perintah auto kedalam bentuk pixel, misalnya: 100px.
  • Background-color:#EFEFEF, berarti kotak berwarna abu-abu. Jika ingin dihilangkan warnanya, ganti kode #EFEFEF dengan none atau hapus perintah background-color berikut kode warnanya.
  • Text-align: left, berarti tulisan dalam bentuk rata kiri. Jika kamu ingin mengubahnya, ganti saja left-nya dengan right, center, atau justify (rata kanan = right, rata tengah = center, dan rata kiri-kanan = justify).
Untuk semua perintah tersebut temen-temen bisa mengubahnya sesuai dengan selera Anda.

Overflow

Overflow berarti tulisan yang melebihi media yang tersedia. Ada tiga perintah dalam overflow, yaitu scroll, hide, dan auto. Jika scroll yang digunakan maka tulisan yang melebihi media akan dibuatkan scroll. Jika hide, maka tulisan yang melebihi media akan disembunyikan. Dan jika auto, maka tulisan yang melebihi media akan dibuatkan scroll dan sisanya akan disembunyikan. Untuk membuatnya Anda tinggal mengkopi script berikut:

<div style="overflow:auto; border: 1px solid #CCC; margin: auto; padding: 3px; width: 95%; height: 100px; background-color: #E0ECF8; text-align: justify;">Tulisan yang temen-temen ingin tampilkan disini</div>
Tulisan yang temen-temen ingin tampilkan disini.

Keterangan:
  • Jika tulisan tersebut melebihi lebar (lebarnya 95% dari lebar container) yang tersedia dan tingginya melebihi 100px maka akan dibuatkan scroll dan sisanya akan disembunyikan.
  • Perintah-perintah tambahan pada overflow ini mirip dengan perintah-perintah pada border sehingga untuk memahaminya bisa dilihat pada keterangan border.
Textarea

Textarea berarti kotak yang melingkupi daerah text itu berada.  Pada textarea tidak menggunakan width dan height (lebar dan tinggi) tetapi menggunakan rows dan cols (baris dan kolom) untuk menyatakan lebar dan tinggi areanya. Tetapi akibatnya akan sama dengan overflow, yaitu akan dibuatkan scroll dan disembunyikan jika text melebihi area baris dan kolom yang ditentukan. Untuk membuatnya kamu tinggal mengkopi script berikut:

<textarea rows="5" cols="50">Tulisan yang temen-temen ingin tampilkan disini</textarea>


Keterangan:

  • Pada script di atas menunjukkan 5 baris dan 50 kolom. Dengan demikian tulisan yang melebihi 5 baris dan/atau melebihi 50 kolom akan disembunyikan.
Note :
Untuk menuliskan kode script kedalam bingkai, kamu harus melakukan encoding terlebih dahulu, karena jika tidak akan dianggap sebagai perintah bukan sebagai teks. Seperti < harus ditulis &lt;, > harus ditulis &gt;, " harus ditulis &quot;, dll.

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat bingkai tulisan, jika temen-temen masih kesulitan jangan malu-malu untuk menulisnya di kotak komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Gimana Artikel Membuat Bingkai Tulisan di Blog ini, mantab kan? Sobat boleh menyebarkannya jika artikel Membuat Bingkai Tulisan di Blog ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Membuat Bingkai Tulisan di Blog sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Join Me On: Facebook :: Arif Stiawan ::

Share this article :
 
Support : www.ariefboy.com
Copyright © 2013. Arif Setiawan | AriefBoy.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger